Thursday, 11 February 2016

TUTOR / belajar Rahasia coreldraw corel-draw-12.pdf

belajar-coreldraw-menguak-rahasia-corel-draw-12.pdf 

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, sudah mencapai CorelDRAW X9 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, namun dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
Corelx5.jpgVersi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya. 

Pertama kali perangkat lunak CorelDRAW diaktifkan, sistem akan menampilkan kotak dialog welcome. Pada kotak dialog ini, lembar proses yang dapat diaktifkan, yaitu:
  • quick start: aplikasi ini dapat membantu untuk mempermudah mempersiapkan ruang perancangan grafis baru atau pengubahan rancangan grafis yang pernah dibuat sebelumnya.
  • what’s new: aplikasi yang menginformasikan fasilitas baru yang disediakan pada perangkat lunak CorelDRAW.
  • learning tools: alat yang mempermudah pemakai perangkat lunak CorelDRAW mempelajari fasilitas yang disediakan.
  • galeri: galeri digunakan untuk mengunjungi situs komunitas pemakai CorelDRAW. Pada situs tersebut terdapat berbagai rancangan grafis profesional yang menggunakan perangkat lunak CorelDRAW.
  • updates: aplikasi yang digunakan untuk mengunjungi situs resmi perangkat lunak CorelDRAW untuk berbagai keperluan. Salah satunya, yaitu untuk memperbarui model sistem CorelDRAW.
 untuk lebih detilnya dalam post kali ini saya mendapatkan inisiatif untuk mengunggah tutorial corel draw 12,,, " dari setiap tutor mengkin bisa memberikan ilmu yang sangat bermanfaat,, 

http://adf.ly/1WpY7N

mendapatkan dolar dengan Userscloud.com SItus penyimpan file tanpa batas

Userscloud adalah sebuah website file hosting gratis yang dimana setiap member dapat menyimpan berkas filenya tanpa batas. Selain itu para member di Userscloud juga bisa mendapatkan uang dengan cara membagikan URL filenya, dan setiap ada yang mengunduh file, member akan mendapatkan komisi berbentuk dollar. Sebenarnya ada banyak situs yang seperti ini, namun dalam hasil yang didapatkan, Userscloud jauh lebih baik dibanding yang lain.

Jika kamu pernah tahu Tusfiles, situs tersebut secara sistem untuk mendapatkan dollar sama persis dengan Userscloud, hanya saja di Tusfiles hasil yang didapatkan sekarang tidak besar seperi tahun pertama Saya menggunakannya yaitu pada tahun 2012. Situs Userscloud dibagian halaman download, setiap pengguna akan diberikan kemudahan untuk mengunduh file, baik dari PC maupun Ponsel, karena sudah disediakan tombol download sekali klik dan tidak perlu menunggu waktu timer atau countdown seperti situs paid file hosting lainnya.

Hasil yang didapatkan tentu berbeda-beda dari negara tertentu, dan Userscloud lebih menargetkan pengunjung dari negara United States karena hasil perdownload lebih dihargai mahal dibanding negara lainnya, dan tidak perlu khawatir tentang pengunjung negara Indonesia karena hasil perdownload yang diberikan tidak terlalu buruk dibanding situs paid filehosting lainnya. Sudah banyak sekali yang meraup dollar dari Userscloud, dan pembayarannya juga teratur yaitu kurang dari 24jam hari kerja dan minimal penarikan dollar yaitu $5 (5 USD), dengan satu metode saja yakni PayPal.

Di Userscloud terdapat fitur affilasi juga, jadi setiap ada yang mendaftar dari link affilasi yang ada di akunmu, maka secara otomatis hasil dari orang yang kamu rekrut, 10% hasilnya akan diberikan menuju akunmu. Semakin banyak orang yang kamu rekrut, maka semakin banyak pula komisi yang kamu dapatkan gratis.
Untuk mendaftar silahkan klik http://Userscloud.com.

Cara mendaftarnya cukup mudah silahkan klik menu Sign Up, lalu isikan nama, email, dan password, dan jangan lupa kode captcha berbentuk teks silahkan masukan seperti teks disamping, dan jika selesai langsung klik Create Account. Setelah itu silahkan buka kotak masuk pada email maka akan terdapat pesan dati Userscloud, jika tidak ada silahkan cek pada folder spam/junk. Setelah itu silahkan baca pesan yang masuk dan klik link yang sudah disediakan untuk memverivikasi akunnya.

Jila ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.
Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

PROMOSI lewat Social Bookmarking

  • Internet terus berkembang, pertumbuhan website dan blog sungguh luar biasa. Beragam artikel dan konten digital -mulai dari gambar, audio, hingga video- tersebar dan siap untuk dinikmati. Di satu sisi, pengelola website dan blogger berlomba ingin agar artikel dan konten situsnya menjadi yang terpopuler dan banyak dikunjungi. Di sisi lain, pengguna internet ingin mendapatkan pilihan artikel terbaik dan paling sesuai dengan yang dibutuhkannya.
  • Kini, selain melalui search engine, Social Bookmarking menjadi salah satu solusi yang sangat digemari para pengelola web dan pengguna internet. Social Bookmarking merupakan sebuah metode bagi pengguna internet untuk menyimpan, mengelola, dan mencari halaman web dengan memanfaatkan layanan situs-situs penyimpan data halaman web. Jika kita bisa mem-bookmarks halaman-halaman web favorit di web browser, Social Bookmarking memungkinkan kita melakukan hal serupa -dengan kelebihan data bookmarks tersimpan di situs Social Bookmarking dan dapat dinikmati pengguna lainnya.

  • Contoh situs Social Bookmarking yang populer adalah DIGG, StumbleUpon, dan Technorati. Berbeda dengan layanan direktori web yang hanya menyimpan & menyajikan daftar URL halaman utama situs-situs dan dikelola secara manual oleh editor layanan direktori web, mekanisme Social Bookmarking lebih dinamis dan demokratis. Pengelola web dan blog dapat mendaftarkan setiap URL artikel dan posting di website atau blognya. Artikel terdaftar selanjutnya akan divoting pengunjung, dan yang terpopuler akan disajikan secara khusus di halaman awal. Di sinilah, pengguna internet dapat memperoleh manfaat, yaitu mendapatkan referensi dan sumber artikel yang terbaik.

  • Situs Social Bookmarking biasanya menyediakan fitur instan untuk mensubmit URL, berupa add-on untuk diinstal di toolbar web browser, atau ikon link submit yang dapat dipasang di halaman web atau blog. Ini akan mempermudah pengelola website dan blog untuk dapat menyebarkan artikel-artikelnya, berpromosi, dan mendapatkan peningkatan kunjungan (traffic) via situs-situs Social Bookmarking. Selain itu, umumnya situs Social Bookmarking juga menyediakan fitur tambahan, seperti pemberian komentar, pencarian teman sesama user, dan fitur bersosialisasi sejenisnya.

Menerjemahkan website

Bahasa menjadi salah satu kendala bagi sebagian pengguna Internet. Untunglah, Google telah menambahkan Bahasa Indonesia dalam fitur alih bahasa Google Translate. Melalui layanan ini, Anda dapat menerjemahkan sembarang teks, halaman web, bahkan situs web hasil pencarian Anda, dari dan ke Bahasa Indonesia. Lebih nyaman lagi, semua dapat Anda lakukan secara online tanpa harus menginstal sebuah program alih bahasa.
Google Translate (http://translate.google.com) cukup mudah digunakan. Meskipun hasil terjemahnya belum maksimal, namun keakuratan hasil terjemah Google Translate masih terus akan diperbaiki. Berikut ilustrasi kemampuan fitur alih bahasa dari Google ini.

Menerjemahkan Kalimat

  1. salin (copy) teks yang ingin Anda terjemahkan, sisipkan (paste) ke kolom Original Text yang tersedia.
  2. Pilih bahasa sumber teks di tombol kiri, lalu pilih bahasa tujuan terjemah Anda di tombol kanan.
  3. Klik Translate, maka hasil terjemah akan disajikan di kolom kanan.
Menerjemahkan teks

Menerjemahkan website

  1. Salin (copy) baris URL situs berbahasa asing yang Anda kunjungi atau ketikkan URL yang Anda tuju pada kolom isian Translate a web page.
  2. Pilih bahasa sumber teks di tombol kiri, lalu pilih bahasa tujuan terjemah Anda di tombol kanan.
  3. Klik Translate, maka hasil terjemah akan disajikan di jendela browser dalam bentuk frame.
Situs dalam bahasa asli
Situs masih dalam bahasa asli (Jerman)
Menerjemahkan URL Situs
Situs sudah dalam Bahasa Indonesia
Situs sudah dalam Bahasa Indonesia

Menerjemahkan Hasil Pencarian Google

  1. Lakukan pencarian di Google seperti biasa dengan kata kunci pencarian yang Anda inginkan.
  2. Perhatikan pada hasil pencarian akan muncul teks Terjemahkan laman ini (google.co.id) atau Translate this page (google.com).
  3. Klik teks tersebut untuk menampilkan situs hasil pencarian dengan bahasa yang sudah diterjemahkan.
Pilihan terjemah ke Bahasa Inggris
Pilihan terjemah ke dalam Bahasa Indonesia
Web Hasil Pencarian Sudah Berbahasa Indonesia

Website hasil pencarian (contoh : CNET.com) sudah berbahasa Indonesia

Satu fitur lagi yang masih dapat kita harapkan kehadirannya di masa mendatang, yaitu layanan kamus online (dictionary). Saat ini, kita belum dapat menikmati fitur ini untuk keperluan Bahasa Indonesia. Kita tunggu saja!

SEO Tahap Persiapan

SEO : Tahap Persiapan

Benahi website Anda ! Apapun teknik dan trik optimasi search engine / SEO (Search Engine Optimization) yang Anda gunakan, semua tidak akan banyak membantu jika website Anda masih “bermasalah”. Ibarat ikut lomba balap, pastikan website Anda sudah fit dan lolos kualifikasi peserta lomba.
Saat ini banyak tersedia tool dan aplikasi pengembangan web yang siap membantu Anda menciptakan sebuah website secara mudah dan cepat. CMS juga sudah lazim digunakan untuk membangun website dengan fungsionalitas tertentu secara instan. Permasalahannya, tidak semua tool dan CMS yang bertebaran di internet mampu mendukung aspek SEO. Ya, sulit memang, kita harus memperhatikan aspek fungsionalitas website, kemudahan, kecepatan, sekaligus tetap memikirkan aspek SEO-nya.
Membuat website yang benar-benar sempurna memang sangat sulit dicapai. Namun, ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan dalam merancang sebuah website agar dianggap layak tayang di search engine dan mampu bersaing di dunia maya. Kuncinya terletak pada kode-kode HTML yang ada di balik halaman web Anda.

1. Bagian HEAD Halaman Web

Berikut elemen-elemen penting di bagian HEAD dokumen HTML yang harus Anda perhatikan dalam merancang sebuah halaman web yang optimal :
TITLE
TITLE adalah judul website. Tag html TITLE berada di antara bagian HEAD halaman web. Judul website disisipkan di antara tag TITLE, misalnya <TITLE>Judul Halaman Web</TITLE>.
  • TITLE memiliki kontribusi yang sangat besar pada urutan hasil pencarian search engine.
  • Jangan biarkan website Anda tanpa TITLE, jangan asal pasrah dengan pemberian TITLE otomatis oleh software pengembangan website Anda, namun juga jangan berlebihan dengan TITLE Anda.
  • Seperti sebuah judul buku, usahakan TITLE Anda tuliskan secara ringkas namun mampu mencerminkan isi halaman web Anda. Pilih kata kata paling penting pada halaman web Anda, dan susun menjadi kalimat yang informatif.
  • Buat TITLE yang search engine friendly. Usahakan panjang TITLE Anda maksimal 60 karakter, karena jika terlalu panjang sebagian search engine akan mengabaikan apapun yang Anda tuliskan setelah 60 karakter.
META Tag
META adalah tag pada bagian HEAD halaman web, yang difungsikan untuk membantu search engine dalam memahami halaman web Anda. Susunan tag META diikuti NAME="jenis meta" dan CONTENT="isi meta". Ada beberapa jenis tag META yang dapat dicantumkan pada halaman web, namun hanya sedikit yang bisa diharapkan dalam mengoptimalkan website di search engine. Meskipun META awalnya sangat berpengaruh besar dalam membantu search engine generasi awal, namun dewasa ini sebagian besar search engine modern sudah mulai mengabaikan META dan lebih memperhatikan apa yang ada di dalam halaman web Anda.
  • META description : digunakan untuk mendeskripsikan isi halaman web. Bagian ini akan ditampilkan search engine bersama TITLE pada halaman hasil pencarian. Ada salah anggapan bahwa META description dapat memompa ranking situs di search engine, sehingga lazimnya pembuat website berusaha mengetikkan informasi sebanyak-banyaknya agar dapat disambar search engine ketika seseorang mengetikkan keyword terkait. Ingat, search engine saat ini lebih memperhatikan kesesuaian antara TITLE, META, dan seluruh informasi di dalam halaman web Anda. Usahakan panjang META ini search engine friendly, sebagian menyarankan 150 karakter, sebagian 120 karakter, karena hanya sepanjang karakter inilah informasi yang akan ditampilkan di halaman hasil pencarian. Sisanya ? mubazir, karena akan dipotong.
  • META keywords : digunakan untuk menyebutkan sejumlah kata kunci yang berkaitan dengan website Anda. Setiap kata kunci yang disebutkan dipisah dengan tanda koma. Usahakan META keywords hanya mengandung kata yang memang tampil di halaman web (teks terbaca di browser). Sama seperti META description, salah anggapan juga terjadi pada META ini. Mengapa ? karena sekarang search engine sudah tidak mengindeks teks yang ada di META keywords. Anda tetap dapat menggunakannya dan akan sedikit membantu jika memakainya secara tepat. Batasi panjang maksimal teks keywords sekitar 800 karakter-an dan jangan ulang pencantuman sebuah kata yang sama hingga lebih dari tiga kali. Ya, sebab ini berkaitan dengan yang namanya keyword density, salah satu faktor perhitungan yang mempengaruhi ranking website di search engine. Perulangan kata pada META keyword dapat Anda ibaratkan over dosis, yang hanya akan meracuni ranking website Anda.
  • META robots : digunakan untuk menentukan apakah halaman web yang dipasangi META ini boleh diindeks oleh search engine, atau sebaliknya. META ini cukup membantu untuk menghindari munculnya halaman-halaman tertentu pada hasil pencarian search engine.
  • META lain (misalnya META author dan META copyright), tidak banyak membantu posisi website Anda di search engine. Penggunaannya optional sesuai kebutuhan, misalnya META author dan copyright dapat Anda prioritaskan jika ingin menyatakan secara eksplisit bahwa halaman web yang Anda sisipi adalah karya cipta Anda.

2. Bagian BODY Halaman Web

Beberapa elemen penting di bagian BODY yang harus Anda perhatikan adalah :
Heading
Heading adalah tag bagi penulisan elemen judul, sub judul, dan subsub selanjutnya pada materi halaman web. Penulisannya sebagai berikut ‹h#› isi judul ‹/h#›. ‹h1› adalah heading 1, ‹h2› adalah heading 2, dan seterusnya (# adalah level heading).
Tag heading adalah bagian yang paling dilirik search engine setelah tag TITLE. Biasakan untuk menuliskan judul dan sub judul di dalam halaman web Anda menggunakan tag heading. Meskipun secara visual tampak sama di browser, sebaris kata yang diberi tag heading dan sebaris kata yang diperbesar ukuran fontnya memiliki kualitas yang berbeda di mata search engine.
Link
Link yang menghubungkan antar halaman web Anda juga memiliki poin tersendiri. Ini bukan soal ke mana link Anda lari, namun soal penulisan teks link dan atribut yang Anda sisipkan di dalam link. Link dan teks-teks yang menyertai link Anda juga menjadi perhatian search engine.
  • Tuliskan kata atau kalimat yang mencerminkan isi dan maksud link. Sebaris anchor / teks link “daftar buku komputer terbaru” jauh lebih berkualitas dibandingkan sebaris anchor / teks link “silakan klik di sini” atau sebuah gambar buku yang Anda beri link.
     
  • URL tujuan link yang bermakna juga lebih baik dibandingkan URL tujuan dalam susunan tak bermakna. Misalnya susunan URL http://www.smitdev.com/buku/pemesanan-buku.php lebih bagus dibandingkan susunan URL
    http://www.situs.com/?p=dabk&sJRG=new
    (atau sederet kode dan singkatan yang mungkin membuat Anda bertanya-tanya apa maksudnya). URL berbentuk kode-kode ini merupakan hasil pemanggilan halaman yang tersimpan dalam database. Untuk menghindari munculnya URL seperti itu, kita bisa memakai mod_rewrite dari web server Apache Anda
     
  • Tambahkan link title saat mendiskripsikan sebuah link. Contoh susunannya adalah sebagai berikut : ‹a href=http://www.smitdev.com/buku/profil-penulis.php title="daftar penulis buku smitdev"›Daftar Penulis‹/a›. Bagian title="daftar penulis buku smitdev" inilah yang disebut link title. Sebaris kalimat yang menjelaskan tentang tujuan link ini sedikit dapat membantu posisi Anda di search engine untuk pencarian dengan keyword terkait.
Konten Website
Konten yang dimaksud di sini adalah semua objek website yang dapat dilihat orang pada web browser.
  • Teks : Hanya bagian inilah sebenarnya yang diindeks oleh search engine. Teks yang terbaca search engine bisa berupa paparan informasi yang Anda ketikkan di halaman web, atau atribut ALT yang menyertai gambar. Untuk memeriksa materi teks halaman web Anda, silakan matikan gambar melalui menu Options / Preferences di browser, lalu refresh tampilan Anda. Nah, itu yang diindeks search engine.
     
  • Gambar dan objek non teks lain : Gambar dan objek non teks lain tidak akan diindeks oleh search engine. Teks yang tertulis di dalam sebuah gambar pun tidak akan terbaca oleh search engine. Jadi meskipun gambar slogan dan gambar dominan lain akan membuat website Anda cantik, namun ini sama sekali tidak akan membantu Anda di search engine. Jika halaman web Anda menuntut adanya beragam gambar, sebaiknya siasati dengan menyisipkan atribut ALT pada kode HTML penyisipan gambar Anda. Contohnya ‹IMG SRC="http://www.smitdev.com/kerjasama_kemitraan.png" ALT="Kerjasama Kemitraan" WIDTH="53" HEIGHT="22" /›. Nah, sekarang dapat dua-duanya, gambar yang cantik akan tampil, dan search engine pun akan mengindeks kata “Kerjasama Kemitraan” yang Anda sisipkan dalam ALT.
     
  • Kesesuaian kandungan materi informasi dan karakteristik tema sebuah halaman web sangat membantu posisi Anda di search engine. Situs Anda bertema hardware, elemen TITLE dan META website sudah Anda arahkan ke tema hardware, tapi jika isi website Anda sendiri lebih banyak membahas soal software, ya digeser deh posisi website Anda oleh situs hardware pesaing. Search engine juga akan menghitung jumlah suatu kata yang ada di halaman Anda dan mencocokkannya dengan keyword yang diketikkan sang pencari.
     
  • Teks memang idola search engine, tapi jangan coba-coba menipu search engine dengan cara mengetikkan sekelompok kata unggulan Anda dalam ukuran font terkecil atau dalam warna yang sama dengan warna latar. Mungkin Anda berpikir ini ideal, di satu sisi semakin banyak kata unggulan yang dapat Anda sisipkan, di sisi lain Anda dapat menyembunyikan dan tidak ingin merusak pemandangan situs Anda dengan segudang kata yang akan membingungkan pengunjung. Ingat tindakan yang termasuk dalam kategori spamdexing ini menyalahi aturan dan bisa berakibat fatal, situs Anda dilarang dan dihapuskan dari database search engine. Sanksi atas kasus seperti ini sempat menimpa situs besar BMW dan Ricoh pada Februari 2006, walaupun akhirnya keduanya dimaafkan dan memperbaiki kesalahan ini.
Baik, silakan benahi dulu website Anda sebelum kita lanjutkan ke tip-tip optimasi search engine selanjutnya. Merepotkan ? memang, …no pain no gain! Jika tidak mau repot, ya selamat menikmati sendiri website Anda, heheh…!

daftar alamat submit search engine secara manual

Selamat jika website Anda sudah terindeks di search engine! Mungkin Anda sudah melakukan submit secara manual (daftar alamat submit search engine secara manual), atau telah memanfaatkan layanan free submitter semacam http://www.submitexpress.com/.
Namun, website yang telah terindeks di search engine belumlah cukup. Anda harus berusaha lebih keras agar halaman-halaman web Anda dapat terindeks sebanyak mungkin dan masing-masing mendapatkan posisi yang bagus di halaman hasil pencarian search engine.[

 Ada teknik yang bagus (dan tentunya gratis) yang bisa Anda manfaatkan untuk memgoptimalkan performa website Anda. Teknik ini adalah teknik menggiring search engine populer ke halaman-halaman web Anda. Ya, jangan menunggu terlalu lama agar search engine berbaik hati menelusuri halaman-halaman web Anda. Sekarang saatnya Anda lah yang menyodorkan daftar tugas ke search engine.
Sebagai bonus, teknik ini juga menjadi trik ampuh jika website Anda belum terindeks di Google, dijamin kurang dari seminggu website Anda akan terindeks !

Jenis-jenis File Daftar URL

Pertama, ketahui dulu jenis-jenis file yang harus Anda sodorkan ke search engine :
  • sitemap.xml (dan file kompresinya sitemap.xml.gz) : file daftar URL yang nantinya Anda sodorkan ke search engine Google.
  • urllist.txt (dan file kompresinya urllist.txt.gz) : file daftar URL untuk menggiring search engine Yahoo!.
  • ror.xml : file daftar URL untuk dipertukarkan via sindikasi / RSS Feed.
  • sitemap.html : file daftar URL untuk Anda sajikan ke pengunjung dan Anda cadangkan bagi search engine lain.

Membuat Daftar URL

Kedua, persiapkan file daftar URL seluruh halaman web Anda. Tidak perlu panik jika Anda tidak tahu cara membuat file XML, jangan putus asa jika Anda memiliki ratusan halaman web yang harus didata. Anda dapat memanfaatkan tool pembuat file-file tersebut di atas. Anda dapat mencoba layanan pembuatan file daftar URL secara online semacam http://www.xml-sitemaps.com/, atau menginstal software untuk keperluan ini, misalnya GSiteCrawler (http://gsitecrawler.com/).

Mengupload Daftar URL ke Web Hosting

Ketiga, setelah beberapa format file daftar URL telah Anda miliki, sekarang upload seluruhnya ke web hosting Anda. Letakkan file-file tersebut ke direktori utama (contoh di dalam public_html). File-file ini lah nantinya yang akan terlebih dahulu dirujuk bot search engine saat berkunjung ke website Anda (sesuai dengan format file).

Menyodorkan Daftar URL ke Search Engine

Tahap terakhir, khusus pada search engine Google, Anda dapat lebih agresif lagi dalam menyodorkan daftar URL (sitemap.xml). 
Caranya dengan memanfaatkan layanan Google Webmaster Tools. Login ke layanan tersebut menggunakan ID account Gmail Anda. Isikan data website Anda, lakukan verifikasi website seperti yang dicontohkan di sana, lalu submit file sitemap.xml yang telah Anda miliki. 
Jangan lupa, gunakan fitur-fitur Webmaster Tools di sana untuk memantau performa website Anda.
Dengan teknis yang serupa, Anda juga dapat menyodorkan daftar URL (sitemap.xml) ke MSN Live Webmaster Tools.

Tips Membuat Template Blogger dengan Notepad


Sudah bosan dengan template Blogger yang itu-itu saja? Ada dua pilihan buat Anda. Cara pertama cukup praktis, cari dan download template Blogger dari pihak ketiga, lalu salin dan pasang kode template blogger baru pilihan Anda. Cara kedua lebih kreatif, modifikasi sendiri template Anda!
Berikut beberapa tip dasar yang bisa Anda gunakan untuk mengedit atau membuat template Blogger Anda:

Backup Template dan Komponen

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengganti template Blogger adalah membackup template lama dan elemen-elemen halaman yang telah Anda miliki. Komponen selain posting, arsip, dan komentar cukup rawan dengan resiko hilang saat template baru diterapkan (Blogger akan memberi peringatan berupa daftar widget yang akan terhapus jika template baru Anda terapkan).
  1. Login ke halaman pengelolaan blog, klik Layout > Edit HTML.
  2. Untuk membackup template awal, seleksi seluruh kode di kotak Edit Template (Ctrl+A), lalu copy (Ctrl+C).
  3. Buka Notepad, lalu salin kode ke dalam lembar kerja Notepad (Ctrl+V).
  4. Simpan backup template awal Anda.
Edit HTML Blogger
Sebagai catatan, jika Anda telah menambahkan elemen / widget pada halaman blog Anda, maka sebelum melakukan langkah ke-2, aktifkan dulu kotak pilihan Expand Template Widget (di bagian atas kotak Edit Template). Baru setelah itu salin seluruh kode dan Anda simpan sesuai langkah berikutnya.
Kini Anda sudah siap mengutak-atik template Blogger Anda. Jika hasilnya kurang memuaskan, Anda tetap dapat memulihkan template awal dengan cara menyalin kode backup dari Notepad ke kotak Edit Template.

Menghilangkan NavBar

Merasa tidak nyaman dengan tampilan NavBar di bagian atas halaman blog Anda? Singkirkan NavBar dan perluas tampilan halaman blog Anda dengan cara berikut:
NavBar Blogger
  1. Buka template Blogger Anda di Layout > Edit HTML.
  2. Temukan titik penyisipan, letakkan kursor persis di atas baris body {.
  3. Sisipkan baris kode di bawah ini untuk menghilangkan tampilan NavBar di halaman blog Anda:

    #navbar-iframe {
       height:0px;
       visibility:hidden;
       display:none
    }
  4. Simpan perubahan template, preview blog dan nikmati hasilnya.
Penyisipan Kode Menghilangkan NavBar

Memodifikasi Lebar Halaman

Hal pertama yang perlu Anda pahami dalam memodifikasi halaman blog Anda adalah mengenai penetapan lebar komponen halaman (header, halaman posting, sidebar, dan footer).
Berikut adalah rumusan yang bisa Anda jadikan pedoman dalam mengutak-atik lebar halaman blog Anda :
#header-wrapper = #outer-wrapper = #footer = #main-wrapper + 30 + #sidebar-wrapper
Temukan dan ubah nilai width: di bagian tersebut sesuai kebutuhan :
  • #header-wrapper, #outer-wrapper, dan #footer menjadi patokan lebar seluruh halaman blog.
  • #main-wrapper adalah ukuran kolom posting Anda.
  • #sidebar-wrapper adalah ukuran kolom sidebar Anda.
  • Nilai 30 digunakan untuk memberi jarak antara antara kolom posting dan kolom sidebar.
Dengan berpatokan pada rumusan di atas, maka Anda dapat mengubah ukuran halaman Anda dengan mengedit HTML dengan nilai seperti berikut :
Nilai width awal:
660px = 660px = 660px = 410px + 30px + 220px
Nilai width untuk modifikasi:
750px = 750px = 750px = 470px + 30px + 250px
Penjelasan langkah pengeditan:
  1. Timpa nilai width pada bagian #header-wrapper, #outer-wrapper, dan #footer menjadi 750px.
  2. Timpa nilai width pada bagian #main-wrapper menjadi 470px.
  3. Timpa nilai width pada bagian #sidebar-wrapper menjadi 250px.
Nilai width #main-wrapper = 470px cocok untuk beriklan (ukuran ini bisa mengakomodasi banner 468x60 px). Silakan ubah ukuran sesuai selera dengan berpatokan pada rumusan di atas.

Memodifikasi Jumlah Kolom

Pilihan template yang disediakan Blogger umumnya tersusun atas dua kolom (kolom posting dan kolom sidebar). Anda dapat membuat kolom tambahan dengan menyalin kode sidebar dan mengatur ulang ukurannya.
Sebagai contoh, berikut cara membuat halaman blog dengan tiga kolom.
Penyisipan Kolom Sidebar Baru
  1. Buka template Blogger Anda di Layout > Edit HTML.
  2. Kita gandakan kode kolom sidebar yang sudah ada. Umumnya kode sidebar dinamai sidebar-wrapper, namun ada juga template yang menggunakan nama sidebar-wrap atau sejenisnya.
  3. Temukan, seleksi, dan salin bagian ini:

    #sidebar-wrapper {
      width: 220px;
      float: $endSide;
      word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
      overflow: hidden;      /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
    }
  4. Pindahkan kursor di bawah kode tersebut, lalu sisipkan kode yang telah Anda salin. Kini anda memiliki 2 kode di atas.
  5. Bedakan nama kode, edit nama #sidebar-wrapper yang telah Anda sisipkan menjadi #sidebar-wrapper2.
  6. Ubah nilai width di #sidebar-wrapper dan #sidebar-wrapper2, dengan cara membagi 2 nilai yang ada. Misalnya nilai awal 220px Anda bagi menjadi masing-masing 110px.
  7. Selanjutnya temukan, seleksi, dan salin bagian ini:

    <div id='sidebar-wrapper'>
    <b:section class='sidebar' id='sidebar' preferred='yes'>
    ...
    ...
    </b:section>
    </div>
  8. Pindahkan kursor di bawah kode tersebut, lalu kembali sisipkan kode yang telah Anda salin. Kini anda memiliki 2 kode di atas.
  9. Edit nama <div id='sidebar-wrapper'> yang telah Anda sisipkan menjadi <div id='sidebar-wrapper2'>.
  10. Simpan Template. Preview blog Anda untuk memastikan tampilan 3 kolom telah berhasil Anda buat.
Catatan, jika lebar sidebar pertama dan kedua menjadi sempit, maka gunakan rumusan Memodifikasi Lebar Halaman.
Selamat mencoba !