Saturday 6 February 2016

Dari mana harus memulai NGeblog?

Dari mana harus memulai?

Memulai Ngeblog

Memulai ngeblog itu sebetulnya sangatlah mudah, tetapi kebanyakan orang dibuat bingung oleh dirinya sendiri.

1. Tentukan tujuan

Apakah tujuan ngeblog itu utama? Sangat utama. Jika kita tidak mepunyai tujuan maka telah pasti blog kita nantinya akan tidak jelas arah tujuannya akan kemana, dan kita juga jadi tidak konsisten dalam mengurus blog kita.
Ngeblog itu butuh waktu, tenaga, dan pikiran. Jangan sampai semuanya terbuang sia-sia karena tidak mepunyai tujuan yg jelas.

2. Tentukan topik

Pilihlah topik yg benar-benar sobat minati sesuai dengan hobi maupun keahlian sobat. Jika sobat memilih topik yg sobat sendiri tidak begitu suka, maka blog sobat tidak akan bertahan lama.

3. Pilih layanan ngeblog

Banyak sekali layanan yg bisa kita gunakan untuk ngeblog, seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan yang lain sebagainnya. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Tapi menurut aku Blogger.com ialah pilihan tepat buat sobat. Seyang lain karena gratis, blogger.com sangat mudah digunakan untuk pemula.

4. Mulai menulis

Jika sobat telah mepunyai blog maka yg paling utama ialah mengisi blog sobat dengan tulisan. Mulailah menulis apa saja yg ingin sobat tulis sesuai dengan topik yg telah sobat tentukan.

5. Mempercantik blog

Hal yg sebenernya tidak begitu utama dikerjakan oleh blogger pemula tetapi gak ada salahnya kalo dikerjakan yg berasal tidak berlebihan.
Sobat bisa mengganti template maupun tampilan blog sobat dengan yg lebih bagus, memasang widget-widget agar semakin indah dipkamung, dan yang lain-yang lain. Tapi ingat! jangan berlebihan karena kebanyakan blogger pemula ketagihan gonta-ganti template maupun tampilan yg akhirnya hanya membuang-buang waktu.

0 comments:

Post a Comment