Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi
Navigasi situs web penting dalam membantu pengunjung menemukan konten yang mereka inginkan secara cepat. Hal ini juga dapat membantu mesin telusur memahami isi konten yang dianggap penting oleh webmaster. Meski hasil penelusuran Google disediakan dalam tingkat laman, Google juga ingin menangkap peran sebuah laman bagi keseluruhan situs.
Rencanakan navigasi Anda berdasarkan beranda Anda
Semua situs memiliki beranda atau laman "akar", yang biasanya merupakan laman situs yang paling sering dibuka dan tempat permulaan navigasi untuk banyak pengunjung. Jika situs Anda hanya memiliki sedikit laman, Anda sebaiknya berpikir mengenai cara pengunjung berpindah dari laman umum (laman akar) Anda ke laman yang berisi konten yang lebih spesifik. Apakah Anda memiliki laman yang cukup di sekitar area topik spesifik sehingga akan masuk akal untuk membuat sebuah laman yang mendeskripsikan laman terkait ini (misal: laman akar -> cantuman topik terkait -> topik spesifik)? Apakah Anda memiliki ratusan produk
Pastikan lebih banyak kemudahan bagi pengguna menggunakan ‘daftar readcrumb’
berbeda yang perlu diklasifikasikan dalam beberapa kategori dan laman sub-kategori?
Breadcrumb adalah sebaris tautan internal pada bagian atas atau bawah laman yang memungkinkan pengunjung menavigasi kembali ke bagian sebelumnya atau ke laman akar dengan cepat (1). Banyak breadcrumb memiliki laman yang paling umum (biasanya laman akar) sebagai tautan pertama dan paling kanan dan memuat bagian yang lebih spesifik keluar di sisi kanan.
Izinkan kemungkinan sebagian URL dihapus
Pertimbangkan apa yang akan terjadi jika seorang pengguna menghilangkan sebagian dari URL Anda - Beberapa pengguna mungkin menavigasi situs Anda dengan cara yang aneh, dan Anda harus mengantisipasinya. Misalnya, selain menggunakan tautan breadcrumb pada laman, pengguna mungkin memasukkan sebagian URL dengan harapan menemukan konten yang lebih umum. Dia mungkin mengunjungi http://www.example.com/
berita/2012/pameran-uang-kuno-berikutnya.htm, namun kemudian memasukkan http://www.example.com/berita/2012/ ke dalam bilah alamat browser, dan yakin bahwa ini akan menampilkan semua berita dari tahun 2012 (2). Apakah situs Anda disiapkan untuk menunjukkan konten dalam situasi ini atau akan akan memberikan pengguna sebuah 404 (kesalahan "laman tidak ditemukan")? Bagaimana jika memindahkan tingkat direktori ke http://www.example.com/berita/?
Persiapkan dua petasitus: satu untuk pengguna, satu untuk mesin telusur
Sebuah petasitus (huruf kecil) adalah laman sederhana pada situs Anda yang menampilkan struktur situs web, dan biasanya berisi cantuman hierarki laman situs. Pengunjung bisa mengunjungi laman ini jika mereka memiliki masalah dalam menemukan laman pada situs Anda. Meskipun mesin telusur juga akan mengunjungi laman ini, dan mendapatkan cakupan perayapan yang baik dari laman situs Anda, sebenarnya laman ini ditujukan untuk pengunjung manusia.
File Petasitus XML (huruf besar), yang dapat Anda kirimkan melalui Alat Webmaster Google, mempermudah Google menjelajahi laman situs Anda. Menggunakan file Petasitus juga merupakan cara baru (meski tidak menjamin) untuk memberi tahu versi URL yang ingin Anda jadikan kanonis kepada Google (mis. http://example.com/
atau http://www.example.com/; lebih lanjut tentang domain mana yang lebih disukai). Google embantu membuat Skrip Sitemap Generator sumber terbuka untuk membantu Anda membuat file
Petasitus untuk situs Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Petasitus, Pusat Bantuan Webmaster menyediakan panduan penting untuk file Petasitus.
Buat hierarki mengalir yang natural
membuat web tautan navigasi yang rumit, mis. menautkan setiap laman pada situs Anda ke setiap laman lain terlalu bersemangat dalam membedah konten Anda (sehingga memerlukan dua puluh klik)
Hindari:
Buatlah sesederhana mungkin bagi pengguna untuk membuka konten umum dan konten spesifik yang mereka inginkan dalam situs Anda. Tambahkan laman navigasi jika perlu dan padukan penambahan ini secara efektif ke dalam struktur tautan internal Anda
Banyak menggunakan teks untuk navigasi
Dengan mengontrol sebagian besar navigasi dari laman ke laman pada situs Anda melalui tautan teks
akan memudahkan mesin telusur untuk menelusuri dan memahami situs Anda. Banyak pengguna juga menyukai pendekatan ini dibanding lainnya, khususnya untuk perangkat yang mungkin tidak menangani Flash atau JavaScript.
memiliki navigasi yang didasarkan sepenuhnya pada menu tarik turun, gambar, atau animasi - kebanyakan, tapi tidak semua, mesin telusur dapat menemukan tautan-tautan seperti itu pada sebuah situs, tapi jika seorang pengguna dapat membuka semua laman dalam situs lewat tautan teks normal, maka hal ini akan meningkatkan aksesibilitas situs Anda; selengkapnya dalam cara Google menangani file non-teks
Letakkan laman peta situs HTML di situs Anda, dan gunakan file Petasitus XML
membiarkan laman peta situs HTML Anda menjadi usang dengan tautan yang rusak membuat peta situs HTML yang mencantumkan laman-laman begitu saja tanpa mengaturnya, misalnya berdasarkan subjek
Hindari:
Laman peta situs sederhana dengan tautan ke semua laman atau laman yang paling penting ( jika Anda memiliki ratusan atau ribuan laman) di situs Anda dapat berguna. Dengan membuat file Petasitus XML untuk situs Anda membantu menjamin mesin telusur menemukan laman-laman pada
situs Anda.
Miliki laman 404 yang berguna
Pengguna kadang-kadang membuka laman yang tidak ada dalam situs Anda, baik dengan mengikuti tautan rusak atau mengetik URL yang salah. Dengan memiliki laman 404 khusus yang dapat memandu pengguna untuk kembali ke laman yang benar-benar ada di situs Anda, pengguna akan memperoleh pengalaman pengguna yang jauh lebih baik. Laman 404 Anda mungkin seharusnya memiliki tautan untuk balik ke laman dasar dan juga dapat menyediakan tautan ke konten populer atau konten terkait pada situs Anda.
Google menyediakan widget 404 yang dapat Anda lekatkan dalam laman 404 untuk digabungkan secara otomatis dengan banyak fitur berguna. Anda dapat juga menggunakan Perangkat Webmaster Google untuk menemukan sumber URL yang memunculkan pesan kesalahan "tidak ditemukan".
Hindari:
mengizinkan laman 404 Anda diindeks dalam mesin telusur (pastikan webmaster Anda dikonfigurasikan untuk memberi kode status HTTP 404 jika laman yang tidak ada diminta) hanya menyediakan pesan kabur seperti "Tidak ditemukan", "404", atau sama sekali tidak ada laman 404
menggunakan rancangan untuk laman 404 Anda yang tidak konsisten dengan bagian situs Anda yang lain
Tawarkan konten dan layanan yang berkualitas
Situs yang menarik akan meningkatkan pengenalannya dengan sendirinya
Membuat konten yang menarik dan berguna akan lebih memengaruhi situs web Anda dibandingkan faktor lain yang didiskusikan di sini (1). Pengguna mengetahui konten yang bagus ketika mereka melihat konten tersebut dan mungkin akan mengarahkan pengguna lain ke konten tersebut. Bisa melalui pos blog, layanan media sosial, email, forum, atau media lain.
Buzz organik atau dari mulut ke mulut adalah media yang membantu membangun reputasi situs Anda baik dengan pengguna dan Google, dan biasanya hal ini jarang terjadi tanpa adanya konten yang
berkualitas.
Antisipasi perbedaan pemahaman pengguna atas topik Anda dan tawarkan konten yang eksklusif dan unik
Pikirkan tentang kata-kata yang mungkin ditelusuri oleh pengguna untuk menemukan sebagian konten Anda. Pengguna yang banyak tahu tentang topik tersebut mungkin menggunakan kata kunci yang berbeda dalam kueri penelusuran mereka dibanding seseorang yang baru melihat topik tersebut. Misalnya, penggemar uang kuno yang sudah lama mungkin menelusuri [uang kuno zaman belanda],
sedangkan penggemar baru mungkin menggunakan kueri yang lebih umum seperti [uang kuno]. Dengan mengantisipasi perbedaan dalam perilaku penelusuran ini dan memperhitungkannya
ketika menulis konten Anda (menggunakan perpaduan yang bagus antara frasa kata kunci) dapat menciptakan hasil yang positif. G
oogle AdWords menyediakan Alat Kata Kunci yang membantu Anda menemukan variasi kata kunci baru dan melihat perkiraan volume penelusuran untuk tiap kata kunci (2). Perangkat Webmaster Google juga menyediakan kueri penelusuran teratas yang ditampakkan situs Anda dan kueri lain yang membawa pengguna terbanyak ke situs Anda.
Pertimbangkan untuk membuat layanan yang baru dan berguna yang tidak ditawarkan situs lainnya. Anda juga dapat menuliskan karya riset orisinal, melaporkan berita yang menarik, atau meningkatkan basis pengguna yang unik. Situs lain mungkin kekurangan sumber daya atau tenaga ahli untuk melakukan hal ini.
Tulis teks yang mudah dibaca
Pengguna menikmati konten yang ditulis dengan baik dan mudah diikuti.
Hindari:
menulis teks yang tidak rapi dengan banyak salah eja dan gramatika menyematkan teks dalam gambar untuk konten tekstual
- pengguna mungkin ingin menyalin dan menempel teks dan mesin telusur tidak dapat membacanya
Tetaplah teratur dengan topiknya
Mengatur konten Anda sehingga pengunjung dapat membedakan kapan salah satu konten dimulai dan lainnya diakhiri akan selalu menguntungkan. Membagi konten Anda menjadi potongan atau bagian akan membantu pengguna menemukan konten yang mereka inginkan dengan lebih cepat.
Hindari:
membanjiri laman dengan sejumlah besar teks tentang topik yang beragam tanpa paragraf, sub judul, atau pemisahan tampilan
Buat konten yang unik dan segar
Konten baru tidak hanya akan menjaga basis pengunjung Anda untuk tetap kembali, tetapi juga menghasilkan pengunjung baru.
Hindari:
mengulangi (atau bahkan menyalin) konten yang ada yang hanya memberi sedikit nilai tambah kepada pengguna memiliki versi duplikat atau hampir duplikat dari konten Anda di seluruh situs Anda - selengkapnya tentang konten duplikat
Buat konten yang diutamakan untuk pengguna Anda, bukan mesin telusur
memasukkan kata kunci yang tidak penting yang ditujukan untuk mesin telusur tapi mengganggu atau tidak masuk akal bagi pengguna memasang sekumpulan teks berisi "salah eja yang sering digunakan untuk mencapai laman ini" yang tidak bermanfaat bagi pengguna secara curang menyembunyikan teks dari pengguna, tapi menampilkannya bagi mesin telusur
Hindari:
Merancang situs Anda sesuai dengan kebutuhan pengunjung serta memastikan situs Anda dapat diakses dengan mudah oleh mesin telusur biasanya menghasilkan hasil yang positif.
Teks tautan adalah teks yang dapat diklik yang akan dilihat pengguna sebagai hasil dari tautan, dan terletak di antara tag anchor .
Teks ini memberi tahu pengguna dan juga Google sekelumit tentang laman yang Anda tautkan. Tautan pada laman Anda mungkin hanya internal—mengarah pada laman lain atau situs Anda
atau eksternal—mengarah pada konten di situs lain. Pada kasuskasus ini, semakin baik teks tautan Anda, semakin mudah juga bagi pengguna untuk menavigasi dan bagi Google untuk memahami isi dari laman yang Anda tautkan.
Pilih teks yang deskriptif
menulis teks tautan yang umum seperti "laman", "artikel", atau "klik di sini"
menggunakan teks yang tidak sesuai topik atau tidak ada kaitannya dengan konten dari laman yang tertaut
menggunakan URL laman sebagai teks tautan dalam kebanyakan kasus
- meskipun terdapat penggunaan yang jelas sah atas hal ini, misalnya mempromosikan atau mereferensikan alamat situs web baru
Hindari:
Teks tautan yang Anda gunakan untuk sebuah tautan seharusnya paling tidak memberikan sebuah ide
dasar tentang apakah tema laman yang ditautkan.
Tulis teks yang ringkas
Usahakan membuat teks yang pendek namun deskriptif, yang biasanya memiliki sedikit kata atau
frasa pendek.
Hindari:
menulis teks tautan yang panjang, seperti kalimat yang panjang atau paragraf pendek
Format tautan agar mudah dilihat
Mempermudah pengguna membedakan antara teks biasa dan teks tautan dari tautan Anda. Konten
Anda menjadi kurang berguna jika pengguna tidak melihat tautan atau tidak sengaja mengekliknya.
Hindari:
menggunakan CSS atau pembuat gaya teks yang membuat tautan tampak seperti teks biasa
Pikirkan juga tentang teks tautan untuk tautan internal
menggunakan teks tautan yang panjang atau dipenuhi oleh kata kunci yang berlebihan hanya
untuk mesin telusur
menciptakan tautan yang tidak perlu yang tidak membantu pengguna dalam menavigasi situs
Hindari:
Anda mungkin biasanya berpikir tentang penautan yang mengarah ke situs web luar, namun memberi
perhatian lebih banyak ke teks tautan untuk tautan internal dapat membantu pengguna dan Google
menavigasi situs Anda dengan lebih baik.
Optimalkan penggunaan gambar Anda
Informasi terkait gambar dapat diberikan menggunakan atribut "alt"
Gambar mungkin terlihat seperti komponen langsung dari situs Anda, tapi penggunaannya dapat dioptimalkan. Semua gambar dapatmemiliki nama file yang berbeda dan atribut "alt", yang seharusnya Anda manfaatkan. Atribut "alt" memungkinkan Anda menetapkan teks alternatif untuk gambar jika tidak dapat ditampilkan karena beberapa alasan (1).
Mengapa menggunakan atribut ini? Jika pengguna melihat situs Anda menggunakan browser yang tidak mendukung gambar, atau menggunakan teknologi lain, seperti pembaca layar, konten dari
atribut alt akan menyediakan informasi tentang gambar.
Alasan lainnya adalah jika Anda menggunakan gambar sebagai tautan, teks alt untuk gambar itu akan diperlakukan sama seperti teks tautan pada tautan teks. Namun, kami tidak menyarankan untuk
menggunakan terlalu banyak gambar untuk tautan pada navigasi situs Anda jika menggunakan tautan teks sudah cukup. Terakhir,
mengoptimalkan nama gambar dan teks alt membuatnya lebih mudah untuk proyek penelusuran gambar seperti Penelusuran Gambar Google untuk lebih memahami gambar Anda.
Simpan file dalam direktori khusus dan kelola file tersebut menggunakan format file yang umum
Alih-alih memiliki gambar yang tersebar di beberapa direktori dan subdirektori di seluruh domain Anda, pertimbangkan untuk menyatukan gambar Anda ke dalam direktori tunggal (mis. example.
com/gambar/). Ini akan mempermudah jalur ke gambar Anda.
Gunakan jenis file yang umum - Kebanyakan browser mendukung format gambar JPEG, GIF, PNG, dan BMP. Mencocokkan ekstensi nama file Anda dengan jenis file juga merupakan ide yang bagus.
Gunakan nama file dan alt teks yang singkat
namun deskriptif menggunakan nama file generik seperti "image1.jpg", "pic.gif", "1.jpg" jika mungkin—beberapa situs
dengan ribuan gambar mungkin memilih untuk mengotomatisasi penamaan gambar menulis nama file yang sangat panjang memasukkan kata kunci ke dalam teks alt atau menyalin dan menempelkan seluruh kalimat
Hindari:
Seperti banyak bagian laman lain yang ditargetkan untuk pengoptimalan, nama file dan teks alt (untuk bahasa ASCII) paling baik jika pendek namun deskriptif.
Berikan teks alt saat menggunakan gambar sebagai tautan
Google memahami selengkapnya tentang laman yang Anda tautkan. Bayangkan Anda menulis teks
tautan untuk tautan teks.
Hindari:
menulis teks alt yang terlalu panjang yang dapat dianggap spam hanya gunakan tautan gambar untuk navigasi situs Anda
Berikan file Petasitus Gambar
File Petasitus Gambar dapat memberikan lebih banyak informasi kepada Googlebot tentang gambar
yang ditemukan di situs Anda. Strukturnya mirip dengan file Petasitus XML untuk laman web Anda.
Gunakan tag heading untuk menekankan teks yang penting
Tag heading (jangan keliru dengan tag HTML atau baris awal (bagian kepala) HTTP) digunakan untuk menyajikan struktur pada laman bagi pengguna. Terdapat enam ukuran tag heading, yang diawali dengan , yang terpenting, dan diakhiri dengan
, yang terpenting, dan diakhiri dengan , yang paling tidak penting (1).
Karena tag heading biasanya membuat teks yang terdapat di dalamnya menjadi lebih besar daripada teks normal pada laman, ini merupakan isyarat visual bagi pengguna bahwa teks ini penting dan dapat membantu mereka memahami sesuatu tentang jenis konten di bawah teks judul. Beberapa ukuran heading digunakan secara berurutan untuk menciptakan struktur hierarkis bagi konten Anda, membuat pengguna jadi lebih mudah menavigasi melalui dokumen Anda.
Bayangkan Anda sedang menulis ikhtisar
menempatkan teks pada tag heading yang tidak akan berguna dalam menentukan struktur laman
menggunakan tag heading padahal tag lain seperti dan mungkin lebih tepat berganti-ganti ukuran tag heading secara tidak beraturan
Hindari:
Seperti menulis ikhtisar untuk makalah besar, masukkan beberapa ide ke dalam poin-poin utamanya
dan sub-poin konten di laman yang akan menjadi tempatnya, lalu tentukan di mana harus
menggunakan tag heading dengan semestinya.
Gunakan heading seperlunya di seluruh laman Gunakan tag heading di tempat yang masuk akal. Terlalu banyak tag heading pada sebuah laman dapat membuat pengguna kesulitan untuk memindai konten dan menentukan akhir dari satu topik dan awal dari topik lainnya.
Hindari:
menggunakan tag heading secara berlebihan di sepanjang laman memasukkan seluruh teks laman ke tag heading menggunakan tag heading hanya untuk gaya dan tidak mewakili struktur
ARTIKEL TERKAIT
- Buat judul laman yang unik, akurat
- Menggunakan meta tag "description"
- Tingkatkan struktur URL Anda
- Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi
- Tawarkan konten dan layanan yang berkualitas
- Tulis teks tautan yang lebih baik
- Optimalkan penggunaan gambar Anda
- Menggunakan tag heading sewajarnya
- Menggunakan robots.txt dengan efektif
- Hati-hati saat mengunakan tautan rel="nofollow"
- Beri tahu Google tentang situs seluler
- Pandu pengguna seluler dengan akurat
- Promosikan situs web Anda dengan cara yang benar
- Manfaatkan alat webmaster gratis
0 comments:
Post a Comment