Saturday 6 February 2016

CARA MENGEMBANGKAN BLOG

Memulai mengembangkan blog

Mengembangkan Blog
Jika kita telah mempunyai blog dan beberapa konten di dalamnya, selanjutnya tentu saja kita ingin agar blog kita mepunyai banyak pembaca maupun pengunjung. Nah di sinilah kita mulai malakukan yg namanya promosi, mulai mengenal yg namanya SEO dan tetek bengeknya.


1. Tetap fokus ke konten

Konten sampai kapanpun akan tetap jadi faktor utama kesuksesan sebuah blog. Buatlah konten yg benar-benar berkualitas. Seperti apa itu konten berkualitas :
  • Dicari oleh pembaca
  • Unik, berbeda, dan original
  • Berguna dan bermanfaat
  •  
2. SEO
SEO maupun Search Engine Optimization ialah usaha untuk mengoptimalkan blog kita pada mesin pencari. Jika sobat menginginkan blog sobat menbisakan banyak pengunjung dari mesin pencari maka mau tidak mau sobat harus berurusan dengan SEO.
Tapi sobat tidak perlu benar-benar jadi ahli SEO untuk bisa mendaptidakan pengunjung dari mesin pencari. Cukup menggunakan pemahaman SEO dasar aku rasa telah cukup untuk menolong meningkatkan trafik blog sobat dari mesin pencari.
Saya sangat merekomendasikan sobat untuk membaca panduan SEO pemula dari Google. 

2. Blogwalking
Blogwalking secara simpel ialah kegiatan berkujung ke blog orang yang lain sambil meninggalkan komentar. Blogwalking ialah cara lama yg terbiasa dikerjakan oleh blogger pemula untuk manbisakan pengujung, tetapi sampai sekarangpun cara tersebut masih tetap efektif.
Seyang lain menbisakan pengujung blogwalking juga mepunyai banyak manfaat yang lain, diantaranya:
  • Menjalin ikatan silaturahmi sesama blogger
  • Menbisakan backlink yg merupakan satu diantara faktor terutama SEO
  • Menbisakan ide maupun inspirasi
  • dan yang lain-yang lain
3. Media Sosial
Tidak bisa dipungkiri ketika ini kebanyakan orang menghabiskan waktunya di media sosial. Manfaatkanlah dengan baik media sosial sebagai tempat promosi untuk blog sobat.


4. Forum 
Di internet banyak sekali forum-forum yg berisi orang-orang yg mepunyai hobi maupun minat tertentu. Gabunglah ke dalam forum-forum tersebut yg sesuai dengan topik blog sobat.
Pada intinya ialah aktiflah dimana pembaca sobat terbiasa menghabisakan waktunya. Sobat bisa berdikusi dengan mereka sesuai dengan topik yg sobat minati dan sesekali mempromosikan blog sobat. Yang terutama jangan melakukan promosi secara berlebihan karena beberapa forum mepunyai peraturan yg ketat.


5. Social bookmarking
Social Bookmarking ialah situs yg fungsinya untuk membookmark halaman-halaman yg ada di internet secara online. Banyak blogger-blogger yg menggunakan situs social bookmarking sebagai tempat untuk mendatangkan pengunjung dan juga mencari backlink.
Salah satu situs social bookmarking yg paling populer di Indonesia ialah lintas.me. Sobat bisa mensubmit postingan blog sobat ke social bookmarking tersebut.

6. Tetap Belajar
Tetaplah belajar untuk meningkatkan kemampuan ngeblog sobat. Manfaatkanlah Google sebagai tempat mencari keterangan yg sobat butuhkan.

0 comments:

Post a Comment