Saturday 6 February 2016

Kesalahan yg biasa dikerjakan blogger

Kesalahan yg terbiasa dikerjakan blogger pemula

Kesalahan Blogger Pemula
Setelah sobat tahu bagaimana memulai ngeblog, maka sebaiknya sobat menyimak beberapa kesalahan yg terbiasa dikerjakan oleh blogger pemula agar sobat tidak perlu melakukan hal yg sama berikut ini:

1. Terlalu sibuk dengan tampilan

Seperti yg telah aku singgung sedikit di atas, kesalahan yg hampir dikerjakan oleh kebanyakan blogger pemula ialah terlalu sibuk dengan tampilan blog. Gonta-ganti template, pasang-copot widget, dll.
Mepunyai tampilan blog yg keren memang bagus, tetapi yg akan membuat blog sobat jadi besar dan dikenal banyak orang bukanlah karena tampilan, tetapi karena konten sobat sobat saseandainyan di blog.

2. Mementingkan kuantitas daripada kualitas

Blogger pemula biasanya berlomba-lomba untuk mengisi blognya dengan tulisan sebanyak mungkin dengan harapan bisa dengan cepat menbisakan banyak pengunjung tanpa mempedulikan apakah postingannya hasil nulis sendiri maupun hasil jiplak tulisan blogger yang lain.

3. Terlalu banyak membaca keterangan tetapi minim praktek

Sebagai seorang blogger pemula biasanya rasa keingintahuannya sangat besar. Baca ini baca itu sampai kepalanya penuh dengan keterangan dan bingung yg mana yg harus dipraktekan.Lebih baik sedikit keterangan tetapi benar-benar dipraktekan daripada kebanyakan keterangan tetapi sama sekali tidak digunakan.

4. Tidak konsisten

Di awal-awal sangat rajin mengupdate posting secara rutin setiap hari, tetapi setelah itu datang-datang menghilang entah kemana. Mengupdate blog secara rutin memang sangat bagus, tetapi konsistensi menurut aku jauh lebih utama.

5. Membahas terlalu banyak topik

Apakah yg berasalah kalo membahas banyak topik? sama sekali tidak. Tapi yg pasti blog sobat akan sulit berkembang, tidak mepunyai keunikan, tidak memilki jati diri, dan akan sulit membiasakan pembaca setia.

6. Terlalu terobsesi dengan statistik blog

Seorang blogger pemula biasanya akan sangat rajin mengecek jumlah pengunjung, ranking alexa, pagerank, dan yang lain sebagainya. Sehari bisa mengecek sampai ratusan kali. Padahal hal itu tidak akan menolong tidak mengurangi jumlah pengujung blog sobat dan hanya akan membuang-buang waktu.

7. Membuat terlalu banyak blog

Jujur cukup blogger-blogger yg telah berpengalaman yg mengelola banyak blog, puluhan bahkan sampai ratusan. Tapi khusus bagi pemula sangat tidak disarankan membuat terlalu banyak blog karena akan membuat tidak fokus.
Meskipun sobat bukan lagi pemula aku rasa mengelola banyak blog bukanlah sebuah keharusan. Semua tergantung dari tujuan sobat. Jika sobat ingin membuat blog agar bisa populer dan bertahan lama, maka tidak ada alasan untuk mengelola banyak blog.

8. Terlalu berambisi menbisakan uang secara cepat

Tidak bisa dipungkiri banyak blogger yg memulai ngeblog karena ingin menbisakan uang. Mereka beranggapan mendulang uang dari blog bisa dikerjakan dalam waktu semalam, padahal tidak begitu. Butuh waktu, usaha dan konsistensi.
Saya sendiri baru bisa menghasilkan uang setelah dua tahun ngeblog. Waktu yg cukup lama memang mengingat aku memulai benar-benar dari nol. Sobat mungkin bisa lebih cepat maupun lebih lama. Yang jelas butuh waktu, usaha dan konsistensi.

9. Tidak memanfaatkan mesin pencari Google dengan maksimal

Jangankan hanya myg berasalah blog, keterangan apapun bisa kita temukan dengan mudah di google. Jadi manfaatkanlah Google dengan baik untuk belajar ngeblog.


ARTIKEL TERKAIT
1 Apa itu Blog?
2 Kenapa ngeblog?
3 Dari mana harus memulai?
4 Kesalahan yg biasa dikerjakan blogger
5 Memulai mengembangkan blog
6 Menghasilkan uang dari blog
7 Kesimpulan

0 comments:

Post a Comment