Friday 2 June 2017

Pengertian picture jenis bitmap dan picture jenis vektor.





picture digital adalah picture yang dihasilkan dari proses yang dilakukan dengan bantuan komputer, kamera, scanner atau perangkat elektronik lainya yang disimpan dalam bentuk file digital. picture digital tidak bisa dilihat secara langsung tanpa bantuan peralatan elektronik. Contohnya : picture wallpaper komputer, picture yang ada diinternet, dll

Sedangkan picture non digital adalah picture yang dihasilkan melalui proses sketsa atau guratan alat picture ke suatu media kertas, kanvas, dan sebagainya yang berada di luar lingkungan media digital (komputer, kamera, dan alat elektronik). picture non digital bisa dilihat secara langsung dan nyata dengan mata manusia tanpa bantuan alat lain.

picture digital terbagi menjadi dua jenis, yaitu picture jenis bitmap dan picture jenis vektor.


picture bitmap adalah duplikat atau tiruan persis dari picture asli dalam bentuk picture digital. picture jenis ini tersusun dari sejumlah titik pixel (picture element)/dot/point/titik koordinat yang ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga membentuk pola tertentu di layar komputer. Pola yang terbentuk itulah yang menghasilkan atau menimbulkan kesan picture.

Pixel adalah elemen terkecil dari sebuah citra picture digital yang dapat dilihat mata. Semakin banyak jumlah pixel, berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya dan semakin halus picture yang terbentuk. Akibatnya, semakin besar pula ukuran file picture tersebut. Banyaknya titik dalam 1 inchi dikenal dengan dpi (dot per inchi). Anda dapat mengenali picture bitmap dari file komputer yang berekstensi .bmp, .jpg, .tfi, .gif, .png, .pix, .pcx, dan sebagainya.


Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural.
Lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena picture bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda.

Perubahan ukuran picture (pembesaran dan pengecilan) mempengaruhi kualitas picture.
Ukuran file picture relatif besar.
Melakukan kompresi (pemadatan) pada picture, maka kualitasnya picture tersebut akan menurun.

Adobe Photoshop, Corel Photopaint, dan GIMP.
Photoshop dan Photopaint adalah program aplikasi berbayar (tidak gratis), namun GIMP adalah program aplikasi yang gratis. Meskipun gratis, picture yang dihasilkan GIMP tidak kalah kualitasnya dengan picture yang dihasilkan program berbayar.

picture vektor adalah picture yang tersusun oleh sekumpulan garis, kurva, dan bidang tertentu dengan menggunakan serangkaian instruksi yang masing-masing didefinisikan secara matematis. Setiap garis, kurva, dan bidang tertentu tersebut mempunyai properti atau atribut masing-masing berupa fill, stroke, dan node.
picture vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi picture atau titik pixel (dpi) seperti pada picture bitmap.


Bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil picture tanpa mengubah kualitasnya.
Memiliki ukuran file yang kecil, sehingga lebih mudah dan lebih cepat didownload melalui Internet.
Dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi, tentunya dengan menggunakan software yang sesuai.
Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk picture sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya.

Hasil picture tidak natural
kurang dapat menampilkan picture dengan gradasi rumit

CorelDraw, Macromedia Freehand, Macromedia Flash, Dia, dan Inkscape.
Aplikasi-aplikasi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. dia dan Inkscape adalah program aplikasi pengolah picture vektor yang bersifat gratis, namun kemampuannya tidak kalah dengan aplikasi berbayar.
Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment